Cari Blog Ini

Selasa, 22 Desember 2009

Skandal Bank Century ; Konspirasi Elit dan Nestapa Kaum Alit

. Selasa, 22 Desember 2009

Skandal Bank Century ; Konspirasi Elit dan Nestapa Kaum Alit



Sejarah..
Skandal Bank Century ( BC) adalah skandal yang mengehebohkan beberapa tahun terakhir pasca perampokan yang dilakukan oleh Edi Tamsil. Skandal BC bermula dari penetapan BC sebagai bank gagal sistemis oleh KSSK ( Komite Stabilitas Sektor Keuangan). Hal ini berlandaskan pada Perppu no 4 / 2008 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) tanggal 15 oktober 2008. Perppu inilah yang menyebabkan bailout tahap I yakni 623 M.
Perppu ini hanya berlaku 3 bulan dan DPR pun sebenarnya tidak setuju terhadap Perppu ini. Ketika terjadi kekosongan hukum ini berimplikasi pada bailout keempat tahap selanjutnya yang terakumulasi hingga 6,7 T. Sebuah angka yang sangat besar ditengah kondisi krisis global saat itu.
Kebijakan bailout sudah banyak yang menentang karena BC sudah dinilai sebagai bank gagal kenapa harus diselamatkan ? bank yang sakit parah yang sekalian perlu di euthanasia. Bank ini merupakan merger 3 bank yang memang sudah bermasalah sebelumnya yakni eks bank pikko, eks bank CIC dan eks bank Danpac. Sepanjang tahun 2003 -2005 bank ini diketahui menjual reksadana bodong. Ketika Bank ini akan di bailout kondisi CAR ( Rasio kecukupan modal ) minus 2,3 persen padahal standar BI ketika bank CAR nya kurang dari 8 persen maka sudah syah untuk diliquidasi. Ada apa ini ?

Aktor...
Kebijakan bailout digawangi oleh Sri Mulyani yang saat itu menjabat menteri keuangan dan ketua KSSK, Divisi Pengawasan BI beserta Boediono selaku gubernur BI dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dan juga pemerintah yang berkuasa saat itu…

Kebijakan...
Pemberian bailout atau pinjaman yang awalnya hanya sebesar 1,3 T namun di kemudian hari membengkak hingga 6,7 T. Kemana lari sisanya ?

Impact
Ditengah angka kemiskinan yang semakin meningkat serta besar hutang Negara yang selalu bertambah tentu kita tahu bahwa uang 6,7 trilyun itu tidak sedikit. Dari tayangan di Metro TV kita dapat mengaca bahwa dengan 6,7 T bisa = membuat litrik 700 megawatt, membeli 957,15 juta kg ( @ harga 7000), bagi 35 juta warga miskin mendapat 191,429 tapi jika dibagi rata 250 juta jiwa mendapat 26.800, 134.000 unit rumah sederhana ( 50 juta / unit), berangkat haji bagi 191.429 orang, berqurban 670.000 sapi. Apalagi kalau dibelikan kerupuk ?

Solusi
Melihat pola dari bailout BC ada kemiripan dengan BLBI yang juga bermasalah sehingga diperlukan asas profesionalisme Pengawas BI untuk menentukan perlu tidaknya bank dibantu atau bahkan dilikuidasi.
Pemerintah dan BI bersama aparat penegak hukum agar mengejar asset BC baik yang tersebar didalam maupun luar negeri untuk menutup seluruh kerugian akibat praktik bank yang tidak sehat.
Kasus ini memang multidimensi meliputi hokum, politik, ekonomi dan tentu dampak social yang sangat tinggi sehingga kita berharap keberadaan pansus Century benar – benar bekerja secara professional agar persoalan ini semakin jelas.
Sebagai insan kritis kita tidak boleh jenuh untuk mengingatkan masyarakat bahwa kasus ini adalah perampokan di dalam negara yang sangat merugikan rakyat. What next ?

* disampaikan dalam diskusi dengan KAMMI Airlangga hari Selasa,15 Desember 2009 di Aula Masjidillah

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Aku...

Foto saya
Apabila usul ditolak tanpa ditimbang, Suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan, Dituduh subversif dan mengganggu keamanan, Maka hanya ada satu kata : lawan ! (wiji thukul)

About Me

FRIENDSTER-koe :
MULTIPLY-koe :
Kang-Ri is proudly powered by Blogger.com | @CopyRight 2008